Apa itu cantengan? Cantengan merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi di area kuku. Awal mulanya kulit di area kuku akan terasa gatal, membengkak dan berwarna merah. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka bisa dipastikan bahwa Anda akan mengalami cantengan. Namun jangan khawatir, karena cantengan bisa disembuhkan tanpa harus melakukan operasi.

Orang yang mengalami cantengan pasti akan merasa tidak nyaman dan akan membuat rasa percaya diri semakin berkurang. Karena cantengan pada kaki maupun pada tangan akan membuat pergerakan kaki dan tangan menjadi tidak leluasa karena adanya penyakit yang mengganggu. Meskipun terlihat sepele, namun cantengan harus segera ditangani agar tidak semakin parah dan tidak merasakan nyut-nyutan.

Cara untuk Mengobati Cantengan Tanpa Operasi

Perendaman Air Hangat

Air hangat tergolong air yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu untuk mengatasi cantengan. Cara mengatasi kuku cantengan menggunakan air hangat sangat mudah untuk dilakukan yaitu dengan merendam kuku yang terkena cantengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam.

Cara Mengobati Cantengan Tanpa Operasi

Cara ini merupakan cara pertama yang dilakukan ketika cantengan baru mulai datang. Biasanya awal mula akan datangnya cantengan yaitu rasa sakit di sekitar kuku, teraba hangat,  kemerahan serta bengkak, dan akan teraba keras. Gunakan air hangat untuk menyembuhkan cantengan selama 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar cantengan tidak semakin parah.

Perendaman menggunakan air hangat bisa mengurangi pembengkakan pada area kuku dan membantu penyembuhan. Jika cantengan tidak segera diatasi, maka cantengan pada kuku bisa bertambah parah dan akibatnya Anda akan mengalami perih terus menerus.

Krim Antibiotik

Krim antibiotik merupakan obat cantengan yang bersifat tropikal. Maksudnya, penggunaan krim antibiotik cukup dioleskan di bagian yang sakit. Krim antibiotik merupakan cara menyembuhkan cantengan dengan cepat tanpa operasi. Krim antibiotik yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kuku cantengan diantaranya adalah krim gentasimin, klindamisin, dan masih banyak lagi.

Menggunakan Lawsonia Inermis

Asing dengan istilah tersebut? Sebenarnya nama itu adalah nama ilmiah untuk daun pacar kuku. Disebut pacar kuku karena memang daun ini bisa dijadikan sebagai bahan memperindah kuku. Ternyata, daun ini memiliki kegunaan lain, yaitu untuk menyembuhkan cantengan.

Caranya cukup mudah, cukup campurkan gula merah secukupnya dengan satu sendok teh air jeruk nipis dan campurkan daun pacar kukur. Setelah semua bahan disiapkan, haluskan secara bersamaan.

Tumbukan halus tersebut dapat digunakan untuk mengompres bagian yang diinginkan. Atau bisa juga dengan menempelkan tumbukan tersebut kemudian dibalut menggunakan kain kasa. Diamkan selama tiga hingga empat jam lalu ganti menggunakan kasa dan kompresan daun kuku pacar yang baru. Lakukan cara tersebut sampai cantengan kuku sembuh total.

Insisi dan Drainase

Insisi dan drainase digunakan sebagai cara mengobati kuku cantengan yang sudah parah. Bagi penderita cantengan kuku yang sudah parah, tentu akan mengalami rasa sakit berdenyut, nyut-nyutan, dan ngenyut. Biasanya cantengan yang sudah parah akan menimbulkan nanah pada area kuku dan cantengan sampai dagingnya keluar.

Cara mengobati cantengan bernanah dan cantengan yang membuat daging sampai keluar yaitu menggunakan insisi dan drainase. Buatlah sayatan kecil “insisi” di area permukaan kulir yang sudah bernanah, kemudian gunakan alat-alat steril yang berfungsi untuk mengeluarkan nanah dari kulit.

Biarkan nanah terus mengalir “drainase” atau jangan langsung ditutup luka sayatnya sampai beberapa hari setelah nanah keluar. Cara ini harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli atau profesional agar tidak membuat infeksi menyebar dan membuat cantengan parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *